Posyandu Adaptasi kebiasaan Baru Masa Pandemi Covid 19


COVID-19 telah dinyatakan sebagai pandemi dunia oleh WHO. Hal ini menyebabkan pelayanan kesehatan Balita di Posyandu sempat terhenti sebagain bahkan secara keseluruhan. Pelayanan Kesehatan Balita didalamnya meliputi pemantauan pertumbuhan, perkembangan, pemberian kapsul vitamin A hingga Pemberian Makanan Tambahan (PMT).
Mulai bulan Awal bulan Desember 2020 kegiatan posyandu di aktifkan kembali tentu dengan meadaptasi kebiasaan baru yaitu mematuhi protocol kesehatan covid 19.
Sebelum kegiatan, Kepala desa atau Lurah memberitahukan kegiatan Posyandu dengan membagikan undangan ke orang tua anak balita dan ada juga dengan pengumuman di pengeras suara di Langgar atau mushalla maupun mesjid, terutama kepada yang bermasalah gizi atau tumbuh kembang sesuai hari dan jam yang sudah ditentukan.
Dalam undangan tersebut, akan menuliskan permintaan supaya balita membawa sendiri kain yang digunakan untuk menimbang dan mematuhi protocol kesehatan covid 19 yaitu Memakai Masker, Menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.
Sebelum kegiatan, penanggungjawab posyandu dan kader harus memastikan seluruh lokasi posyandu steril dari virus dengan mendisinfeksi area posyandu, menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun, dan thermal gun. “Selain itu, petugas juga harus dipastikan menggunakan alat pelindung diri, sehat, dan tidak dalam keadaan batuk, pilek, atau demam,” ucap dia.
Dan ternyata sambutan masyarakat terhadap kegiatan posyandu sangat baik, ini semoga akan menjadi titik balik kegiatan posyandu untuk menjadi lebih baik lagi dimasa akan datang



by. Puskesmas Sungai Karias

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: