Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS)

Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara melalu Seksi Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) yang bekerjasama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pelatihan yang diikuti oleh para perawat Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kabupaten Hulu Sungai Utara ini difasilitasi Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Kalimantan Selatan yang menggandeng provider Gawat Darurat Medik Indonesia (GDMI) dari Jakarta. Peserta pelatihan yang berjumlah 28 orang merupakan perawat-perawat yang bertugas di PSC 119 serta Tim P3K Dinas Kesehatan dan Puskesmas serta beberapa perawat berprestasi dan pemenang Lomba Perawat Teladan Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2019 dan 2020. Pembiayaan kegiatan ini bersumber dari anggaran Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2020.
Pelatihan BTCLS di masa pandemi ini berlangsung selama 4 hari yang terbagi dalam sesi teori melalui daring mulai 6-7 Desember 2020 dan sesi praktik secara luring di Aula RSUD Pambalah Batung Amuntai pada 8-9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta latih juga diwajibkan menyertakan Surat Keterangan Sehat dan Negatif/Non Reaktif Covid-19 dari hasil PCR atau Rapid Tes pada saat pendaftaran.
Plt. Kepala Dinas Kesehatan, H. Danu Fran Fotohena, SKM, M.M dalam sambutannya pada saat pembukaan pelatihan mengharapkan peserta yang terpilih dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius agar tercapai kompetensi yang diharapkan sehingga dapat diaplikasikan dalam tugas pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelayanan kegawatdaruratan.
H.Nor Efendi., S.Kep., Ns., M.Epid selaku Ketua DPD PPNI Kabupaten Hulu Sungai Utara menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam penyelenggaraan pelatihan ini, khususnya kepada Seksi Pelayanan Kesehatan-Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara yang di pimpin oleh Kepala Seksi Mitia Marini, SKM yang telah memfasilitasi penganggaran dan pembiayaan kegiatan ini (Meidi/Foto dari berbagai sumber)

by, Fendy Smiler

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: